Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suami Suka Memukul Ini 3 Hal yang Mama Wajib Lakukan

Dear Mama di seluruh Indonesia?! Punya suami yang suka memukul istri adalah salah satu tragedi terburuk yang bisa dialami perempuan. Apa yang harus dilakukan ya kira-kira?

Sekadar menangis jelas tidak bisa mengatasi masalah yang Mama hadapi. Apalagi bersabar. 

Bila suami cuma pernah memukul satu atau dua kali dan setelahnya tidak pernah lagi, bolehlah dikatakan bahwa dia khilaf. Namun, bila sudah lebih dari 2 kali tapi ia masih saja melakukan itu, artinya Mama tidak boleh tinggal diam.

Pahami apa yang membuat suami begitu dan lakukan solusi untuk menyelamatkan diri dari tindak KDRT ini.

Suami Suka Memukul

Penyebab Suami Suka Memukul

1. Psikopat

Pada umumnya, kebanyakan suami tidak akan pernah memukul istrinya. Apalagi laki-laki dididik dari kecil untuk bersikap lembut terhadap perempuan.

Pemukulan yang dilakukan suami pun sudah bisa dikategorikan sebagai anomali. Salah satu penyebab yang memungkinkan: suami adalah psikopat.

Psikopat merupakan sebuah kelainan di mana seseorang kurang memiliki empati. Ciri-ciri orang psikopat antara lain:

  1. Pandai berbohong, kadang sangat manis namun di lain waktu sangat kejam
  2. Suka memanfaatkan orang. Ketika orang tersebut sudah tak bisa dimanfaatkan, ia akan mengabaikannya.
  3. Bersikap kejam ditandai dengan kebiasaan mudah memukul dan berkata kasar

2. Insecure dan Bermasalah

Kekerasan dalam banyak hal juga bisa disebabkan karena kondisi keuangan. Masalah keuangan memang sangat amat sensitif bagi laki-laki. Sebab, mereka diharapkan untuk menjadi pencari nafkah oleh masyarakat.

Ketika laki-laki tidak bisa memberikan nafkah yang cukup, mereka menjadi stress, takut, kecewa pada diri sendiri, dan malu dengan istrinya. Semua perasaan negatif tersebut bisa menyebabkan laki-laki hilang akal alhasil mereka pun menjadi sosok suami yang suka memukul istrinya sendiri.

3. Pendidikan yang Salah

Beberapa lelaki, sayangnya, dididik dengan salah sejak kecil. Mereka pun tumbuh dengan kepercayaan bahwa memukul adalah tindakan yang bisa dibenarkan. 

Alhasil ketika sudah dewasa, laki-laki seperti itu tak segan memukul teman atau istrinya. Bahkan dalam kasus-kasus tertentu, mereka juga sangat ringan tangan dengan anaknya.

Solusi Suami Suka Memukul

Memiliki suami yang sikapnya kasar jelas bisa menyebabkan tekanan batin dan sakit secara fisik. Solusi untuk mengatasinya perlu segera dipikirkan. 

Ingat, Mama tak boleh menyalahkan diri sendiri dan membiarkan semua ini terjadi. Jadi daripada terus bersedih, coba pertimbangkan untuk melakukan ini:

1. Rekam

Rekam kejadian ketika terjadi KDRT. Rekaman sangat penting untuk menjadi bukti atas apapun yang dilakukan kelak. Sebab, ketika kita menuduh suami berbuat jahat, sudah pasti kita akan dimintai buktinya.

2. Kumpulkan Bukti lain

Selain rekaman, bukti-bukti lain juga harus dikumpulkan. Misalnya saja foto setelah terjadi kekerasan dan visum dokter. Kumpulkan bukti ini secara diam-diam agar tidak dirusak oleh suami.

3. Lapor

Kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT merupakan sebuah tindak kriminal. Tindakan ini melanggar hokum sebagaimana tindak criminal lain seperti merampok dan mencuri.

Dus, bila Mama menghormati hokum Indonesia, laporkanlah suami yang suka memukul itu. Kalaupun masih ragu, mintalah bantuan dan dukungan dari:

  1. Keluarga
  2. Sahabat
  3. Lembaga bantuan hokum

Ingat ya Ma, kalau keluarga dan sahabat tidak mendukung, Mama bisa minta tolong ke lembaga bantuan hokum serta LSM-LSM yang bergerak dalam bidang keperempuanan. Mereka akan dengan senang hati menampung Mama hingga membantu Mama melakukan proses hokum atas masalah tersebut.

Posting Komentar untuk "Suami Suka Memukul Ini 3 Hal yang Mama Wajib Lakukan"