Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aduh Ternyata Ini Penyebab Utama Mertua Benci Menantu Perempuan

Bukan cuma sekali lho Figi dicurhati soal masalah mertua benci menantu perempuan. Banyak sekali kasus-kasus seperti itu di lapangan.

Apa sebenarnya alasan di balik fenomena ini? Lantas tindakan apa yang bisa diambil?

Sebab, hidup bersama suami namun dengan kebencian yang dirasakan dari mertua jelas bukan kondisi yang ideal. Bisa-bisa kamu stress lho menjalani kehidupan berumah tangga.

Makanya, yuk ikhtiar dengan membaca penyebab dan solusinya di bawah ini.

Penyebab Utama Mertua Benci Menantu Perempuan

5 Penyebab dan Solusi Mertua Benci Menantu Perempuan

1. Cemburu

Penyebab: Seorang ibu mudah sekali merasa cemburu pada anak lelakinya. Sebab anak lelaki seringkali bertindak seperti penjaga dan pelindung ibunya. Bahkan ketika pihak ayah mengasari ibu, anak laki-laki selalu siap sedia pasang badan untuk bundanya.

Ketika anak lelaki menikah, seringkali sang ibu merasa kehilangan sosok pelindung itu. Namun, ia jelas tak bisa melarang pernikahan tersebut.

Alhasil, ia menyimpan kekesalan yang berlebih. Ia juga menjadi sangat cemburu pada menantu perempuannya.

Solusi: Kamu dan suami wajib memberikan pemahaman pada ibu bahwa ia tidak akan kehilangan sosok anak lelakinya. Sebagai istri, kamu bisa minta tolong suami untuk mengatakan hal tersebut. Sebab kamu belum dekat dengan mertua untuk berkata demikian.

Yang bisa kamu lakukan adalah terus membaiki ibu. Berilah dia perhatian dan katakana kamu ingin berbakti padanya selayaknya anak sendiri. Dengan cara ini, ibu mertua mungkin justru berubah pikiran. Ia tak lagi merasa takut kehilangan anak, sebab ia justru merasa mendapatkan tambahan 1 anak.

2. Merasa Menantu Kurang Baik

Tak jarang mertua memiliki prinsip 3 B ketika mencari menantu (Bibit, Bebet, Bobot). Alhasil, ketika ia melihat menantunya tidak sesuai harapannya, ia jadi kurang berkenan.

Misalnya, kamu lulusan S1 dan bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Sedangkan suami kamu adalah seorang anak pejabat yang kuliah di luar negeri dan bekerja sebagai pilot. 

Sebenarnya, kamu dan suami saling mencintai. Tapi apa daya, mama mertua tidak berpikir bahwa cinta itu yang utama.

Solusi: Suami jelas perlu bicara lebih intens dengan mamanya. Ia harus memberikan alasan kuat mengapa ia mencintai kamu. Sementara itu, kamu pun perlu memperlihatkan diri bahwa kamu pantas dicintai suami. Misalnya, meski secara karir kalah, kamu menunjukkan bahwa kamu adalah istri yang baik, pandai, dan welas asih. 

3. Menantu Kurang Pengertian

Penyebab: Kadang mertua sebenarnya sudah baik dan terbuka dengan menantu perempuannya. Namun pihak menantulah yang kurang pengertian.

Misalnya, ketika libur, kamu malah mengajak suami ke luar kota dan tak mau diajak mampir ke rumah orangtuanya. Dan ketika di rumah mertua pun, kami mengambil jarak dan bersikap dingin.

Solusi: perbaiki sikap kamu. Bila kamu terus berperilaku demikian, wajar mertuamu marah dan jengkel.

4. Menantu Kurang Membantu

Penyebab: Kadang-kadang, penyebab mertua benci menantu perempuan adalah karena sikap menantu perempuannya yang kurang baik. Misalnya saja menantu kurang pengertian.

Coba bayangkan, kamu dan suami masih tinggal bersama mertua. Namun, kamu jarang sekali membantu pekerjaan rumah. Mertua kamu pun merasa kamu hanya menambah beban saja. 

Solusi: Banyaklah membantu mertua bila kamu dan suami masih tinggal bersamanya. Tidak perlu berlebihan, namun sebaiknya jangan berleha-leha ketika mertua masih lelah mengurus rumah. Berleha-lehalah ketika kamu punya alasan yang jelas seperti kamu masih capek setelah bekerja.

5. Punya Menantu Idaman yang lain

Penyebab: Tak jarang, mertua ternyata punya menantu idaman yang lain. Bahkan ia sempat hendak menjodohkan gadis tersebut untuk anaknya.

Namun apa daya, anaknya malah memilih kamu sebagai istrinya. Kondisi ini meskipun bukan salah pihak menantu, namun bisa membuat mertua benci menantu perempuannya.

Solusi: Bersikaplah sabar dan ambillah hati mertua. Kamu bisa memberikan oleh-oleh, mengantarnya ke pasar, hingga membantu pekerjaan rumahnya. 

Posting Komentar untuk "Aduh Ternyata Ini Penyebab Utama Mertua Benci Menantu Perempuan"