Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Balita Kecanduan HP: Solusi Jitu untuk Mama!

Duh, sudah lama rasanya Figi nggak update blog. Di update pertama ini, Figi mau membagikan tips mengatasi balita kecanduan HP. 

tips mengatasi balita kecanduan HP

Hayo, Mama dan Papa pasti tahu dong pusingnya ketika buah hati kecanduan gadget?! Ada banyak hal buruk yang bisa diakibatkan bila anak terlalu sering bermain smartphone. Anak bisa:

  1. Mengalami mata minus hingga silinder sejak kecil
  2. Kesulitan bersosialisasi
  3. Sulit konsentrasi belajar
  4. Malas makan
  5. Badan kurang sehat karena kurang aktivitas fisik

Anak bisa sampai kecanduan ponsel umumnya dikarenakan adanya game yang menurut mereka menarik. Atau, bisa jadi anak terlalu suka menonton video hingga membuat konten retjeh di aplikasi seperti Tiktok.

Apapun itu, sebaiknya masalah ini segera diatasi. Nah, untuk membantu Mama sekalian, Figi sudah siapkan 5 kiat yang mungkin bisa membantu. 

Solusi dan Cara Mengatasi Balita Kecanduan HP

1. Stimuli Anak untuk Main dengan yang lain

Main gadget memang asyik. Namun bermain dengan teman pun tak kalah asyiknya. Oleh sebab itu, tak ada salahnya bila Mama dan Papa mengajak buah hati untuk berkenalan dan bahkan bermain dengan teman sebayanya.

Mama dan Papa bisa mengajak si kecil ke taman, bergabung dengan playgroup, mengunjungi rumah sepupu yang seusia, hingga bersilaturahmi ke rumah tetangga sambil membiarkan anak bermain dengan mereka. 

Agar permainan di dunia nyata tak kalah seru dengan permainan ala gadget, Mama dan Papa bisa membelikan permainan yang menarik. Contohnya:

  1. Ular tangga besar
  2. Permainan lompat tali
  3. Bekel
  4. Tali tambang anak
  5. Perlengkapan masak-masakan
  6. Boneka
  7. Sepeda
  8. dan lain sebagainya

2. Ajak Anak Berkebun

Selain mengajak anak bermain dengan yang lain, Mama dan Papa juga bisa mengajak anak berkebun agar ia tidak terus-menerus bermain ponsel. Berkebun adalah kegiatan yang bukan hanya menyenangkan namun juga menyehatkan.

Karena anak masih di bawah lima tahun, lakukan aktivitas berkebun yang ringan namun edukatif. Misalnya mengajak anak menebar biji tomat, memetik sayuran di halaman belakang, hingga menyirami tanaman yang kurang air.

3. Ajak Anak Bermain dengan Hewan Peliharaan

Untuk mengatasi balita kecanduan HP, kita juga bisa mengajak anak untuk bermain dan mengurusi hewan peliharaan. Misalnya saja mengelus-elus kucing, mengambilkan makanan kelinci, dan masih banyak lagi.

Selain seru, kegiatan ini juga bisa melatih empati pada jiwa anak. Kelak, anak bisa tumbuh menjadi orang yang lebih penyayang ketika ia diajarkan berbuat baik pada hewan-hewan yang tak berdaya.

4. Belikan Anak Buku yang Bagus

Buku adalah jendela dunia. Jadi tak ada salahnya membelikan buku agar perhatian Anda tak hanya fokus pada ponsel pintar yang kita berikan.

Ada beragam jenis buku yang bisa dimanfaatkan anak mengisi waktu luang. Khusus untuk balita, kita bisa memberikan buku mewarnai, buku gambar, buku cerita dengan ilustrasi yang bagus, hingga komik anak-anak.

5. Bersikap Tegas

Mau tak mau, untuk mengatasi balita kecanduan HP, Mama dan Papa memang harus bersikap tegas. Jangan biarkan anak berlama-lama asyik sendiri dengan gadgetnya itu. Berikan batasan dalam satu hari di mana anak boleh memainkan ponsel. 

Bila anak menangis? Mama dan Papa harus lebih kuat hati. Sebab meski anak meraung-raung menderita, namun ke depannya, ia akan diuntungkan dengan sikap Mama dan Papa yang tegas.

Posting Komentar untuk "Tips Mengatasi Balita Kecanduan HP: Solusi Jitu untuk Mama!"