Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menurunkan Kolesterol selama Idul Adha

Hari raya kurban sebentar lagi tiba. Tapi kira-kira bagaimana cara menurunkan kolesterol selama idul adha ya?

Siapa yang tidak sabar menyantap aneka olahan khas hari raya Qurban? Ada tongseng, gulai, rica-rica, balado, steak… semuanya serba lezat! 

Kemeriahan idul adha memang selalu ditunggu-tunggu. Sayangnya, di balik hidangan yang serba lezat itu, terdapat marabahaya yang menanti. Apa lagi kalau bukan persoalan kolesterol?!

cara menurunkan kolesterol selama idul adha

Kolesterol yang tinggi bagi sebagian orang dapat menyebabkan kepala pusing hingga pegal-pegal leher. Namun bagi sebagian yang lain, dampaknya bisa jauh lebih fatal. 

Terus gimana dong? Masa tidak makan hidangan hari raya?

Eits, apabila tekanan darah dan tingkat kolesterol kita masih terjaga, kita bisa tetap menyantap gulai hingga tongseng dengan cara yang cerdas. Caranya? Yuk simak di bawah ini.

5 Cara Menurunkan Kolesterol selama Idul Adha

1. Minum Perasan Lemon atau Jeruk Nipis

Yuk siapkan minuman perasan jeruk untuk menyelesaikan santap daging kita! Kita bisa membuat perasan lemon, jeruk purut, jeruk nipis, dan lain sebagainya. 

Aneka buah jeruk tersebut memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Mereka mampu membuat angka kolesterol jahat di tubuh berkurang.

Usahakan agar minuman yang disediakan adalah minuman hangat. Jangan terlalu panas karena bisa merusak kandungan vitamin buah, namun jangan juga terlalu dingin karena bisa menyebabkan tubuh sulit menyerap kandungan vitamin tersebut. 

2. Perbanyak Buah yang Mengandung Aneka Vitamin

Bagi mereka yang memiliki asam lambung atau riwayat maag, minuman jeruk dapat memicu reflux dan perut sakit. Jadi, silahkan skip poin pertama sekiranya kamu punya riwayat penyakit seperti itu.

Sebagai gantinya, makanlah buah-buahan yang rasanya tidak begitu masam. Misalnya saja buah pir, semangka, melon, apel, dan pisang. Buah-buahan ini tidak mengandung kadar asam yang tinggi seperti jeruk sehingga tidak akan menyebabkan lambung terluka. 

Meski demikian perlu dipahami bahwa fungsi buah-buahan tersebut dalam menurunkan kolesterol biasanya tidak begitu baik. Jadi, makanlah daging secukupnya saja selama idul adha.

3. Hindari Olahan Berminyak Terlalu Banyak

Salah satu cara menurunkan kolesterol selama idul adha yang paling efektif adalah dengan memodifikasi masakan yang dibuat. Seperti yang selama ini kita ketahui, banyak olahan daging yang cenderung berminyak. Apalagi untuk resep-resep khas Indonesia. Dari rendang, rica-rica, dan lainnya, mengandung minyak yang tidak sedikit.

Padahal kita bisa lho membuat olahan rendah minyak. Misalnya membuat steak yang sebelumnya dilumuri lemon. Bukan hanya tak menggunakan minyak, namun kolesterol pada daging pun telah dikurangi dengan aplikasi perasan lemonnya.

4. Tambahkan Sayuran

Kata siapa olahan daging tak bisa dikombinasikan dengan sayuran? Buat mereka yang khawatir dengan kesehatannya, sebaiknya mulai membuat resep daging yang dicampur dengan sayuran.

Misalnya membuat soto sapi, tongseng dengan banyak kubis, Pho Vietnam, Korean barbeque dengan selada hijau segar, dan lain sebagainya. Dijamin kamu bisa makan enak sambil mempertahankan kesehatan.

5. Makan Bawang 

Terakhir namun tak kalah penting, kita juga bisa menurunkan kolesterol selama idul adha dengan mengonsumsi bawang. Sebab bawang mengandung zat yang dapat mengikat kolesterol jahat dalam tubuh.

Ada dua alternative konsumsi bawang yang bisa dipilih. Pertama, bawang mentah. Kedua, ekstrak bawang. Keduanya memiliki khasiat serupa, hanya saja bawang mentah masih mengandung zat iritan yang bisa menyebabkan rasa pedas pada saluran pencernaan. 

Nah, kira-kira itulah 5 cara menurunkan kolesterol selama idul adha yang bisa Figi bagikan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "5 Cara Menurunkan Kolesterol selama Idul Adha"