Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadi Lebih Tenang Ketika Sakit Tenggorokan Setelah Baca SehatQ.com

Selamat pagi, siang, dan malam Figi Family? Beberapa waktu yang lalu, Figi sekeluarga terkena penyakit tenggorokan. Karena sedang musim Covid-19, tentu saja kami semua panik. 

Mau ke dokter? Takutnya malah tertular atau langsung divonis terjangkiti virus corona. Mau cuek saja? Rasanya susah sekali karena kami juga takut bila kami memang punya covid-19 dan menulari orang lain.

Sakit Tenggorokan

Di momen-momen bingung seperti itu, Mama Figi akhirnya memutuskan searching di internet tentang penyakit ini. Sayangnya beberapa kali Mama malah menemukan website-website yang hanya menakut-nakuti. Sampai kemudian, Mama menemukan penjelasan yang super lengkap namun jelas dipahami di SehatQ.com!

Apa itu Penyakit Tenggorokan?

Singkatnya, sakit tenggorokan adalah sakit yang cukup umum terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda-beda. Ada penderita yang mengalami penyakit ini karena virus, bakteri, hingga konsumsi makanan yang mungkin terlalu pedas.

Gejala penyakit ini antara lain adalah rasa gatal yang dirasakan di dalam leher, sulit menelan makanan dan minuman, nyeri atau perih di tenggorokan, kelenjar di sekitar leher yang bengkak, amandel memerah dan membesar, adanya bercak putih di amandel (kadang sampai muncul nanah), suara serak, hidung berlendir, bersin, mual, sakit kepala, batuk, hingga demam.

Tidak semua gejala di atas dirasakan oleh mereka yang sakit tenggorokan. Kadang yang dirasakan hanya satu hingga tiga gejala saja. 

Sedangkan penyebab sakit ini pun tidak serta merta karena covid-19. Secara garis besar, berikut ini hal-hal yang menyebabkan seseorang mengalami sakit di bagian tenggorokannya.

  1. Virus. Virus bisa menyebabkan penyakit common cold, flu, dan mononucleosis yang kesemuanya sering disertai dengan rasa sakit di tenggorokan. 
  2. Bakteri. Bakteri adalah mikroorganisme yang juga bisa menimbulkan nyeri hingga ketidaknyamanan di tenggorokan. Bakteri yang paling umum menyerang adalah streptococcus pyogenes atau streptococcus grup A.
  3. Alergi. Mereka yang punya alergi pada serbuk bunga hingga debu bisa mengalami sakit tenggorokan yang cukup parah.
  4. Cuaca. Beberapa kondisi cuaca seperti udara yang kering bisa menyebabkan masalah pada tenggorokan.
  5. Iritasi. Iritasi pada tenggorokan bisa terjadi karena menu diet yang buruk. Misalnya saja terlalu sering mengonsumsi makanan pedas dan berlemak.
  6. Ketegangan Otot. Mereka yang bekerja sebagai MC, penyanyi, hingga komedian riskan mengalami sakit tenggorokan yang diakibatkan karena ketegangan otot. Ketegangan otot sendiri terjadi karena seseorang terlalu banyak berbicara.
  7. Tumor. Beberapa jenis tumor juga bisa menyebabkan rasa sakit di tenggorokan.
  8. HIV.  Mereka yang memiliki HIV seringkali melaporkan mengalami nyeri hingga gatal di tenggorokan. Hal itu disebabkan karena pertahanan diri yang rendah sehingga memudahkan virus, jamur, hingga bakteri menyerang area tenggorokan.
  9. GERD. GERD menyebabkan naiknya asam lambung hingga ke tenggorokan. Padahal asam lambung bersifat sangat kuat dan bisa menyebabkan iritasi di area tersebut.

Lantas, Apa yang Harus Dilakukan?

Menurut penjelasan SehatQ yang Mama Figi baca, kita harus memeriksakan diri ke dokter apabila penyakit ini tidak kunjung sembuh. Apalagi bila muncul gejala lain yang lebih serius misalnya sulit menelan, sakit yang lebih dari 1 minggu, nyeri sendi, munculnya ruam, adanya darah pada dahak, hingga sulit bernafas.

Jadi, kita memang tidak dianjurkan terus diam di rumah sekiranya penyakit ini tidak juga sembuh. Apalagi di tengah pandemi covid-19 begini.

Hanya saja, kita tidak perlu terlalu panik. Upayakan saja menjaga tubuh tetap bugar dengan mengonsumsi makanan sehat. Selain itu, bila kita gundah dan terus saja bingung, cari saja informasi yang membantu di SehatQ.com. Mama Figi selalu mengandalkan situs tersebut untuk mendapatkan berbagai info penyakit dan saran-saran yang sebaiknya dilakukan.

Posting Komentar untuk "Jadi Lebih Tenang Ketika Sakit Tenggorokan Setelah Baca SehatQ.com"