Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Masak Daging Ayam agar Empuk dan Juicy dalam 2 Langkah Saja!

Bagaimana ya cara memasak daging ayam agar empuk dan juicy? Yuk simak 2 langkah mudahnya di bawah ini. Tak sulit lho ternyata.

Halo Mama dan Papa Figi sekalian! Pernah tidak kalian memasak ayam namun hasilnya sangat keras dan alot? Padahal, kalian pengen sekali bisa memasak ala Master Chef yang hasilnya juicy dan empuk.

cara Masak Daging Ayam agar Empuk dan juicy

Dulu, Figi pun sering mengalami masalah ini. Bagian daging ayam yang alot itu biasanya bagian yang tidak dekat dengan tulang. Misalnya bagian dada yang full daging. 

Kata Ibunda Figi, harusnya Figi memasak si daging lebih lama. Saran tersebut pernah Figi coba dan hasilnya nggak banget. Bukannya empuk, daging ayam malah makin alot dan keras.

Akhirnya setelah baca kesana-kemari Figi menemukan solusinya. Dan ternyata setelah dipraktikkan hasilnya manjur!

Cara Mudah Masak Daging Ayam agar Empuk dan Juicy

Kunci: daging ayam pada dasarnya adalah otot unggas tersebut. Setelah disembeli dan dalam kondisi normal, otot cenderung berkonstraksi. Ketika dipanaskan, maka kombinasi konstraksi otot dengan suhu yang tinggi bisa menyebabkan daging menjadi alot dank eras.

Solusi dan Langkah-langkah

  1. Simpan daging ayam dikulkas dulu selama beberapa jam. Daging ayam harus jadi dingin sebelum akhirnya di masak. Pendinginan di kulkas berfungsi agar otot daging lebih rileks. Skip langkah ini bila Anda membeli daging frozen.
  2. Masak daging dalam suhu tinggi (mendidih) selama 10-15 menit. Misalnya, Anda hendak masak rica-rica. Silahkan buat dulu kuah rica-ricanya hingga mendidih. Setelah itu, masukkan daging ayam dingin ke dalamnya. Supaya kondisi tetap panas, tutup dengan penutup yang tidak berlubang. Diamkan hingga 10-15 menit.

Dengan cara ini, Figi jamin 100% kalau masakan ayam Mama dan Papa akan jadi empuk! Bukan itu saja, rasanya pun masih sangan juicy dan lezat.

Eh, tapi tips masak daging ayam agar empuk dan juicy ini apa cocok diterapkan untuk bagian paha, sayap, dan leher?

Jawabannya tidak. Untuk paha, sayap, dan daging bertulang, cara memasaknya adalah dengan pemanasan yang lama namun tidak begitu besar. Jadi, misalnya Mama dan Papa mau bikin rica-rica sayap ayam. Mama dan Papa tak perlu menunggu kuah rica-rica mendidih dulu.

Sayap langsung bisa dimasukkan setelah menumis bumbu. Setelah itu, barulah air dipanaskan dalam kondisi sedang dan dimasak hingga mendidih. 

Tips Tambahan lainnya

Saat menerapkan tips memasak daging ayam agar empuk dan juicy di atas, beberapa dari Anda mungkin mendapati bau ayam yang masih sangat kuat (meski sudah matang).

Untuk mengakali hal tersebut, gunakanlah bahan-bahan yang bisa meredam bau khas daging. Misalnya saja serai, perasan jeruk nipis, tomat, daun jeruk, dan lainnya.

Oh ya, setelah 10-15 menit terlewat, agar rasa ayam lebih lezat, biarkan saja dulu dalam kuahnya. Kuah akan meresap ke dalam daging sehingga rasanya jadi makin lezat.

Posting Komentar untuk "Cara Masak Daging Ayam agar Empuk dan Juicy dalam 2 Langkah Saja!"