Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Solusi Mendidik Anak Perempuan agar Tidak Hamil di Luar Nikah

Apa yang harus dilakukan sebagai cara mendidik anak perempuan agar tidak hamil di luar nikah? Mengekangnya? Memata-matainya? Tapi bagaimana bila anak malah jengkel sehingga akhirnya melakukan hubungan badan diam-diam padahal masih sekolah?

Figi berpendapat bahwa orang yang pertama-tama harus menentang kehamilan tersebut harusnya anak kita sendiri. Anak harus tahu bahwa hamil di luar nikah itu tidak baik. Anak juga harus berkeyakinan bahwa kehamilan seperti itu harus dihindari.

Apalagi, kehamilan di usia belia (usia sekolah) membuat posisi perempuan sangat riskan dari sisi kesehatan dan finansial. Bayi yang dilahirkan belum tentu bisa dirawat dengan baik, sang ibu bisa stres, dan si bapak bisa kabur lepas tanggung jawab.

Solusi Mendidik Anak Perempuan agar Tidak Hamil di Luar Nikah

Nah, di kesempatan ini, Figi akan membagikan 7 tips realistis agar anak gadis Anda tak mengalami petaka seperti ini. Artikel ini adalah sambungan dari artikel sebelumnya mengenai kunci dan cara mendidik anak perempuan.

7 Cara Mendidik Anak Perempuan agar Tidak Hamil di Luar Nikah

1. Berikan Pengetahuan pada Anak Mengenai Aktivitas Seksual yang Menyebabkan Kehamilan

Sex education untuk anak perempuan itu sangatlah penting. Sebab, pada banyak kasus, ternyata anak perempuan tidak tahu apa-apa ketika diajak berhubungan dengan teman lelakinya. Padahal remaja laki-laki umumnya telah mengenal hal seperti ini melalui film biru yang mereka tonton. 

Alhasil, anak perempuan akan kaget dan shock ketika mendapati dirinya hamil. Padahal, kawan lelakinya sudah berkata (meski bohong) bahwa ia tak akan hamil ketika melakukan penetrasi. 

Mama dan Papa perlu sekali menjelaskan bagaimana terjadinya proses kehamilan. Terangkan secara gamblang bahwa tindakan seperti penetrasi dan pengeluaran sperma akan membuat seorang wanita hamil. Jangan sampai kita membiarkan princess tersayang “clueless” di hadapan kawan laki-lakinya yang sudah paham masalah seks dari menonton film biru.

Tapi bagaimana cara memberitahukan hal ini? Well, sebaiknya Mama-lah yang memberikan informasi tersebut sebagai sesama perempuan. Agar penjelasannya lebih lengkap, tak ada salahnya Mama membelikan buku yang bisa menjelaskan hal tersebut. 

Intinya, jangan buat bahasan seperti ini jadi tabu. Jadi, anak perempuan kita paham resiko-resiko terjadinya kehamilan akibat berhubungan badan.

2. Beri Tahu Anak mengenai Tindakan Laki-laki yang Ingin Menidurinya

Selain harus memberitahukan apa saja tindakan yang bisa menyebabkan kehamilan, Mama dan Papa juga harus membangun kewaspadaan anak akan niat terselubung laki-laki. Cara mendidik anak perempuan agar tidak hamil di luar nikah ini penting sekali lho karena laki-laki, terutama yang lebih tua, biasanya punya cara-cara khusus mengelabui anak gadis kita.

Misalnya, sering menggombali anak perempuan, membelikan bunga, hingga menyatakan janji-janji palsu. Padahal tujuannya hanyalah untuk menggauli anak perempuan tersebut.

Mama dan Papa perlu menanamkan pada anak perempuan untuk bertindak waspada. Bahwa, cinta yang sejati tidak akan memaksa seseorang berhubungan badan. Ketika seorang lelaki memaksakan hal tersebut, artinya ia tidak cinta, melainkan hanya nafsu semata.

Baca juga: 9 Cara Menghadapi Suami Minta Cerai

3. Terangkan Mengenai Gejolak Hormon pada Remaja dan Konsekuensinya

Meski “tidak enak didengar” namun Mama dan Papa harus sadar bahwa kadangkala anak perempuan kita pun punya hasrat seksual. Anak perempuan kita pada akhirnya adalah manusia biasa. Ketika pubertas terjadi padanya, gejolak hormonnya akan naik turun. 

Salah satu akibatnya, ia mulai merasakan dan memiliki hasrat seksual meski masih usia sekolah. Sayangnya, kadangkala hasrat tersebut sangat menggebu-gebu yang berujung pada kehamilan putri tersayang kita.

Jadi, akan lebih baik bila Mama dan Papa menerangkan masalah ini. Memang, cara mendidik anak perempuan agar tidak hamil di luar nikah bukan hal yang mudah dilakukan. Kita kadang merasa canggung dan bingung.

Namun, hal seperti ini semestinya memang dilakukan. Coba mulai dengan mengatakan pada anak bahwa saat ini hormonnya sedang naik. Dan karenanya, ia mungkin memiliki hasrat seksual. Namun yang terpenting adalah kemampuan mengendalikan hasrat tersebut. Sebab bila tidak dikendalikan yang rugi ialah diri sendiri.

Sebagai tambahan, belikanlah buku-buku atau ajak anak nonton video tentang penyakit menular seksual hingga dampak kelahiran pada usia belia.  

4. Hindarkan Anak dari Pergaulan yang Buruk

Meski didikan di rumah sudah sangat baik, anak perempuan Mama dan Papa tetap bisa berubah ketika pergaulannya buruk. Jadi, sebisa mungkin aturlah agar anak perempuan Mama dan Papa tidak bergaul dengan orang yang salah, baik di lingkungan rumah ataupun sekolah.

Namun, seperti Figi pernah sebut di artikel “Cara Mengatasi Anak Lelaki Suka Berkata Kasar”, jangan melarang anak secara serta merta. Bila Mama dan Papa memutus hubungan anak dengan temannya secara langsung, yang ada dia bisa memberontak.

Lakukanlah hal ini dengan pelan-pelan. Salah satunya dengan cara menyibukkan anak pada aktivitas yang disukainya, yang akan dijelaskan di poin 5.

5. Apresiasi dan Dukung Bakat Anak 

Tiap anak pasti punya bakat. Mungkin ia jago public speaking, matematika, menggambar, dan lain sebagainya. Dukunglah bakat dan minat anak tersebut dengan sepenuh hati. 

Selain sebagai salah satu cara mendidik anak perempuan agar tidak hamil di luar nikah, kelak ia akan memperoleh manfaat dari pengasahan minat bakat tersebut. 

Dan ingat, jangan sekali-kali membuat anak merasa “tidak berharga” ya. Ketika Mama dan Papa sibuk mencelanya, anak justru akan mudah terbuai rayuan gombal laki-laki. Sebab ia merasa kurang mendapatkan apresiasi dan kasih sayang dari orangtuanya.

Pahami bahwa tiap anak punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Mungkin anak gadis Anda tak pandai di sekolah. Namun, ia sangat antusias belajar makeup. Jadi, kenapa tidak mendorongnya untuk ikut les makeup? Bayaran seorang makeup artist sangat besar lho dan bisa menjadi sumber penghasilannya di masa depan.

6. Ciptakan Suasana Kelurga Harmonis dan Bahagia 

Sebisa mungkin, ciptakanlah kondisi keluarga yang harmonis untuk anak. Jangan sampai anak merasa tidak betah di rumah. Sebab ia bisa mencari pelampiasan di luar sana dengan laki-laki kurang ajar.

Kalaupun Mama dan Papa punya konflik, selesaikanlah hal itu dengan baik. Jangan terlalu memperlihatkan kemarahan kalian berdua.

Baca juga: Daftar Pekerjaan untuk Ibu Rumah Tangga

Bicaralah juga pada anak agar ia tak kecewa. Katakan bahwa kehidupan rumah tangga memang tidak selalu tenang. Namun, apapun yang terjadi Mama dan Papa akan selalu menyayangi dan ada untuknya. 

7. Bekerja Sama dengan Guru dan Tetangga

Poin terakhir yang bisa dilakukan sebagai usaha dan cara mendidik anak perempuan agar tidak hamil di luar nikah adalah dengan melakukan kerja sama. Kerja sama perlu dijalin degan pihak sekolah atau lingkungan rumah.

Dengan pihak sekolah, Mama dan Papa bisa menyarankan untuk dilakukannya seminar mengenai edukasi tentang pubertas. Sedangkan dengan lingkungan sekitar, Mama dan Papa bisa menyarankan agar dilakukan penyuluhan dari Puskesmas mengenai penyakit menular seksual.  

Simpulan tentang Cara Mendidik Anak Perempuan agar Tidak Hamil di Luar Nikah

Tak ada orangtua yang akan tega melihat anak gadisnya bersedih hati. Oleh karena itu, segala upaya semestinya kita lakukan. Termasuk di antaranya adalah memberikan didikan yang baik supaya anak perempuan tidak jadi korban laki-laki yang tidak bertanggung jawab.

Namun, untuk mendidik gadis kecil Anda supaya tidak “dimangsa” lelaki lain, ia sendirilah yang pertama-tama harus melawan si lelaki lain. Karena itu, Mama dan Papa perlu membekalinya dengan pengetahuan yang memadai, seperti mengenai tindakan laki-laki yang cuma ingin menggaulinya.

Selain itu, ciptakanlah lingkungan rumah dan kondisi mental anak yang baik. Apresiasilah bakat anak. Tunjukkan hubungan yang harmonis di rumah. Dengan cara ini, anak gadis kita tak akan mencari pelampiasan di luar sana yang malah bisa membuatnya hamil di usia masih sekolah.

Baca juga: Menghadapi Anak yang Mau Bunuh Diri

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan mengenai cara mendidik anak perempuan agar tidak hamil di luar nikah. Semoga informasi ini bermanfaat ya untuk Anda.

Posting Komentar untuk "7 Solusi Mendidik Anak Perempuan agar Tidak Hamil di Luar Nikah"