Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Saat Memasak Terong Balado yang Membuatnya Jadi Berminyak atau Tidak Enak

Di artikel sebelumnya, Figi telah membagikan resep cara membuat terong balado yang lezat pakai banget. Nah, di kesempatan ini, Figi akan mengulas hal-hal apa saja yang membuat seseorang gagal memasak masakan tersebut. 

Kesalahan Saat Memasak Terong Balado

Langsung saja, simak penjelasannya di bawah ini.

5 Kesalahan Saat Memasak Terong Balado yang Bikin Gagal

1. Memakai Terong Hijau

Terong hijau berbeda dengan terong ungu. Secara umum, terong hijau lebih lembek dibanding yang ungu. 

Untuk resep balado, di mana terong harus digoreng dulu untuk kemudian dipanaskan lagi dengan bumbunya, maka dibutuhkan terong yang lebih kuat. Dus, terong ungulah yang cocok.

Dari segi rasa pun, tipe ungu cenderung lebih gurih tatkala digoreng. Karenanya, tipe ini yang hampir selalu digoreng ataupun dijadikan balado. Adapun terong hijau lebih sering digunakan untuk sayur lodeh ataupun tumis.

Baca juga: Jenis-jenis Ikan di Pantai Depok Jogja

2. Terlalu Banyak Minyak

Minyak pada masakan memang bisa menciptakan rasa gurih. Namun bila minyaknya terlalu banyak jelas tidak baik. Kolesterol pun bisa terjadi apabila memakan makanan dengan minyak yang terlalu banyak.

Oleh karena itulah seperti dijelaskan pada artikel Resep Membuat Terong Balado, Figi menekankan menghilangkan minyak pada terong sebelum dicampur ke bumbunya. Kita tinggal meletakkan terong yang sudah digoreng di serok saja kok. Nanti, minyaknya pasti akan menetes ke bawah perlahan-lahan.

3. Bumbu Kurang Matang

Kesalahan saat memasak terong balado yang juga sering terjadi adalah menggoreng terong dan bumbu dengan hasil yang kurang matang. Kadang kita memang takut bila terlalu menggoreng atau menumis bumbu. 

Alhasil, rasa terong balado akan terasa kurang gurih. Kadang-kadang rasanya jadi mirip seperti tumis terong biasa.

4. Mengupas Kulit Terong dan Memotongnya Terlalu Kecil

Stop! Jangan mengupas kulit terong! Bila Anda mengupasnya, nanti masakan yang dihasilkan akan 100% lembek dan kurang lezat. Sebab salah satu faktor yang membuat resep seperti ini lezat justru terletak pada kulitnya.

Selain itu, untuk membuat terong balado yang tidak gagal pastikanlah untuk tidak memotongnya terlalu kecil. Potonglah sayur tersebut memanjang dengan agak tebal.

5. Memasukkan Terlalu Banyak Air

Setelah terong digoreng dan bumbu ditumis, kedua bahan itu bisa dicampurkan. Nah, agar tidak gosong, kita perlu menambahkan sedikit air.

Ingat, sedikit saja ya! Bila Anda menuangkan terlalu banyak, hasilnya pasti tidak enak. Rasa umami dari bumbu balado pun akan menguar begitu saja.

Baca juga: Ini Dia Resep Ayam Garang Asem Super Enak

Nah, itulah 5 kesalahan saat memasak terong balado yang seharusnya dihindari. Selamat memasak dan semoga Mama dan Papa sukses membuat resep tersebut.

Posting Komentar untuk "Kesalahan Saat Memasak Terong Balado yang Membuatnya Jadi Berminyak atau Tidak Enak"