Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 10 Poin Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Para Ahli Terpercaya

Apapun jenis kelaminnya, anak adalah tanggung jawab bagi orangtuanya. Oleh karena itu, sudah semestinya kita mendidik anak dengan benar. Termasuk dengan menerapkan cara mendidik anak perempuan yang tepat.

Di artikel sebelumnya, Figblog telah menjelaskan 10 kunci cara mendidik anak lelaki yang suka berkata kasar. Nah, di kesempatan ini, Figi akan mengulas hal yang serupa namun khusus untuk anak perempuan. Tips-tips ini Figi susun berdasarkan pengamatan Figi akan gender perempuan di masyarakat. 

Silahkan disimak dan diikuti supaya si princess jadi perempuan dewasa yang bahagia!

Cara Mendidik Anak Perempuan

10 Tips dan Cara Mendidik Anak Perempuan di Era Modern

1. Ajarkan Kepercayaan Diri

Coba masuk ke kelas-kelas di sekolah. Perhatikan perbedaan perilaku antara anak lelaki dan perempuan. Seringkali, anak perempuan lebih malu dan menahan dirinya dibanding anak lelaki.

Padahal, punya kepercayaan diri adalah modal penting seseorang. Ketika anak kita tumbuh menjadi wanita yang percaya diri, ia akan berpeluang lebih bahagia dan bisa mendidik anak-anaknya kelak dengan baik.

Oleh karena itulah, penting untuk Mama dan Papa mendidik si princess agar punya kepercayaan diri yang baik. Kepercayaan diri bukan berarti kesombongan. Kepercayaan diri juga bukan berarti keangkuhan.

Kepercayaan diri adalah sifat tidak rendah diri dan bisa menerima diri apa adanya. Latihlah anak agar lebih pede dengan cara meningkatkan interaksi sosialnya. Misalnya, sejak kecil ajari dia membayar di kasir ketika belanja, ngobrol dengan tetangga, dan lain sebagainya. 

Katakan pada anak bahwa ia tak perlu malu berbuat salah. Yang terpenting adalah mengakui kesalahan tersebut dan memperbaiki diri di masa yang akan datang.

Baca juga: Bolehkah Istri Mengecat Rambut?

2. Beritahu Bahaya Hamil di Usia Belia

Kehamilan di usia anak sekolah adalah sebuah petaka yang sangat serius. Sayangnya, di zaman sekarang ini, anak perempuan kita beresiko mengalami hal tersebut.

Nah, sebagai cara mendidik anak perempuan yang sesuai zaman, ajarilah anak mengenai hal-hal yang bisa menyebabkan kehamilan. Buatlah ia paham bahwa hamil di usia sekolah akan merusak masa depannya serta masa depan bayi dalam kandungannya.

Katakan bahwa ia harus bisa menjaga relasi yang sehat dengan teman laki-lakinya. Beritahu anak akan gelagat pria yang mencurigakan yang harus dijauhi. 

3. Cara Mendidik Anak Perempuan di Medsos

Pernahkah Mama dan Papa mendengar cerita Amanda Todd? Amanda melakukan bunuh diri setelah ia dibully oleh seorang pria mesum di dunia maya. Si pria mesum itu mengancam Amanda membagikan foto-foto telanjang dirinya.

Medsos pun dengan demikian harus dimasukkan sebagai materi untuk mendidik anak perempuan di zaman now yang ideal. Ceritakan saja pada anak Anda mengenai kisah Amanda Todd. 

Beberapa dokumenter tentang Amanda juga sudah bisa diakses di channel-channel Youtube. Jadi, Anda juga bisa menontonnya supaya anak Anda percaya dengan kisah tersebut.

4. Lebih Terbuka tentang Cita-cita Anak

Seorang anak memiliki mimpi-mimpinya tersendiri. Ia pun memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda. Jadi, jangan serta merta menghakimi gadis kecil Anda bila ia tak menunjukkan prestasi akademik yang bagus.

Memang, ia mungkin tak pandai fisika. Ia pun tak pandai kimia dan matematika. Namun, bisa jadi ia punya bakat di bidang yang lain seperti presenter, menyanyi, standup comedy, dan lain sejenisnya.

Setelah tahu apa minat dan bakat anak, dukunglah putri kesayangan Anda tersebut. YOLO. You only live once, jadi jangan sia-siakan hidup anak Anda dengan tuntutan yang tidak sesuai potensi dirinya.

5. Ajarkan untuk Menjadi Perempuan Rendah Hati dan Berpendirian

Poin kelima yang perlu diperhatikan sebagai cara mendidik anak perempuan yang baik adalah memastikan kepribadiannya pun baik. Dua sifat yang penting dimiliki adalah sifat rendah hati dan berpendirian.

Sifat rendah hati adalah kebalikan dari sifat sombong. Sifat ini akan membuat anak gadis Anda disukai di lingkungannya. Sedangkan sifat berpendirian adalah perilaku teguh hati. Seorang perempuan yang berpendirian memiliki prinsip yang kuat sehingga ia tidak mudah diombang-ambingkan oleh orang lain.

Seorang perempuan idealnya memang memiliki pendirian yang kuat. Sebab bila tidak, ia akan mudah goyah ketika didekati lelaki yang belum tentu punya maksud yang baik.

Baca juga: 5 Alasan Istri Jadi Gendut Setelah Menikah

6. Ajari Anak Perempuan tentang Hubungan Romansa yang Ideal

Jangan sampai anak Anda terjebak dalam relasi romansa yang toksik. Misalnya, diperlakukan sebagai objek laki-laki hingga mengalami KDRT.

Oleh karena itulah, menurut Figblog sejak dini perlu cara mendidik anak perempuan terkait masalah romansa. Anak gadis perlu diajari cara menjadi pacar dan istri yang tidak toksik, dan cara memilih lelaki yang juga tidak toksik.

Keduanya harus sama-sama imbang. Dengan demikian, anak gadis Mama dan Papa tidak akan terjebak dalam hubungan yang buruk, ataupun menjebak pasangannya dengan sifat yang buruk.

7.  Kenalkan Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Ibu

Tak lengkap rasanya poin-poin cara mendidik anak perempuan di atas apabila belum membahas mengenai tugas dan tanggung jawab seorang Ibu. Sebab kemungkinan besar, gadis cilik Anda ke depannya akan memiliki anak-anaknya tersendiri.

Memang, kita tak perlu tiba-tiba langsung bicara mengenai hal-hal yang harus dilakukan seorang ibu. Namun, setidaknya, Mama dan Papa perlu membuatnya familiar dengan hal-hal yang berbau keibuan.

Misalnya, dengan membelikan boneka bayi lengkap dengan cara merawatnya, hingga cara meminang bayi. Seiring bertambahnya usia anak, tambahkan materi yang lebih serius. Misalnya mengenai “takdirnya” sebagai perempuan yang diberikan rahim oleh yang kuasa dan hal-hal apa saja yang perlu dipelajari agar bisa menjadi ibu yang baik.

8. Ajarkan Anak untuk Melakukan Tolakan

Ajarkanlah princess Anda untuk berkata tidak. Sebab pada banyak kasus, salah satu hal yang sering gagal dilakukan perempuan adalah menolak.

Padahal, melakukan tolakan bukanlah hal yang buruk. Bahkan menurut agama islam, perempuan harus bisa menolak dengan tegas dan tidak memberikan jawaban ambigu yang bisa menimbulkan fitnah. Oleh karena itulah, poin ini pun krusial sebagai salah satu cara mendidik anak perempuan dengan baik dan benar.

Lantas bagaimana cara realistis untuk mengajari anak melakukan tolakan? Mudah saja. Sebagai orangtua (khususnya Mama), Anda harus terlebih dahulu memperlihatkan momen-momen untuk menolak sesuatu. Kemudian, ajarkan lewat lisan pada anak bahwa ia harus bisa menolak dengan tegas namun tetap bersikap santun.

9. Masalah Makeup, Fashion, dan Diet

Anak perempuan sangat dekat dengan makeup, fashion, dan diet. Ketiga hal ini terkait dengan masalah kecantikan yang memang seringkali dituntut pada seorang wanita.

Sebagai orangtuanya, tentu tak ada salahnya mendukung anak agak tampil cantik dan menarik. Namun, kita perlu mengajarinya untuk mengutamakan kesehatan dibanding kecantikan.

Dalam hal ini, sebagai salah satu usaha cara mendidik anak perempuan yang ideal, kita perlu:

  • Mengajari anak memilih makeup yang tidak mengandung bahan berbahaya
  • Memberikan pemahaman bahwa tubuh yang sehat dan bersih jauh lebih baik dibanding tubuh yang langsing namun kurang sehat
  • Memberikan pemahaman bahwa tidak semua trend fashion harus diikuti

10. Pantang Menyerah

Hidup bukanlah hal yang mudah dilakukan. Anak perempuan Anda pun kelak akan merasakan hal benar perkara tersebut. Apalagi bila ia tidak berasal dari keluarga dengan privilese.

Oleh karena itulah, sejak kecil, ia harus diajarkan mengenai pentingnya berusaha keras dan pantang menyerah. Anda bisa memulainya dengan mengikutkannya ke berbagai lomba. 

Ketika mengikuti lomba, anak akan terpacu pada usahanya menggapai kemenangan. Mental seperti ini bila terus diasah akan membuatnya menjadi tahan banting saat dewasa nanti. 

Baca juga: Mengatasi Anak Lelaki Suka Berkata Kasar

Kiranya, itulah 10 tips dan cara mendidik anak perempuan yang dapat Figblog bagikan. Semoga 10 tips tersebut memberikan manfaat ya untuk Mama dan Papa di seluruh penjuru Indonesia.

Posting Komentar untuk "Ini 10 Poin Cara Mendidik Anak Perempuan Menurut Para Ahli Terpercaya"