Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips ini adalah Solusi Mengatasi Anak Lelaki Suka Berkata Kasar

Dear Mama dan Papa sekalian! Pernah tidak kalian pusing tujuh keliling mencari solusi anak lelaki suka berkata kasar dan kotor?!

Ya, meski sudah kita didik dengan baik, kadang kala tingkah anak-anak memang tidak sesuai dengan harapan. Khusus untuk anak lelaki, mereka seringkali “tertulari” kawannya yang suka mengucapkan istilah-istilah yang tidak baik. 

Nah daripada pusing, coba Mama dan Papa ikuti tips dari Figblog di bawah ini.

Solusi Mengatasi Anak Lelaki Suka Berkata Kasar

5 Tips Mengatasi Anak Lelaki Suka Berkata Kotor

1.  Tegur dan Jangan Lelah Menegur

Saat anak mengucapkan kata-kata kasar di depan Mama dan Papa, kemungkinan ia sedang menguji keteguhan orangtuanya. Jadi, jangan pernah lelah menegur. 

Apabila Mama dan Papa menyerah dan memilih diam, yang ada anak akan merasa ia memenangkan pertandingannya dengan Mama dan Papa. Kelak, ketika Mama dan Papa melarangnya melakukan hal buruk yang lain, ia akan cuek dengan larangan itu. Sebab ia tahu bahwa Mama dan Papa “mudah menyerah.”

Figi tahu banget bahwa marah-marah untuk menegur anak adalah hal yang melelahkan. Namun hal ini memang harus dilakukan sebagai bagian dari edukasi. Agar tak terlalu menyita energi, Mama dan Ppaa bisa menegur sekilas saja tanpa mengomel panjang lebar. Yang jelas, perlihatkanlah keseriusan Mama dan Papa bahwa yang dilakukan anak tidak benar.

Baca juga: Menghadapi Anak yang Bilang Mau Bunuh Diri

2. Pasang Muka Serius, Jangan Malah Tertawa atau Menggelengkan Kepala

Salah satu kesalahan besar yang dilakukan orangtua saat mencoba mengatasi anak lelaki suka berkata kasar adalah menampilkan mimik bercanda atau bahkan tertawa. 

Coba ingat-ingat, pernah tidak Mama dan Papa malah geleng-geleng kepala sambil bercanda ketika anak mengucapkan istilah yang kotor? Pernah tidak Mama dan Papa malah tertawa saat anak berperilaku tak sopan seperti itu?

Anak akan menganggap bahwa ucapan kotornya adalah hal yang sepele. Ia pun kemudian abai pada larangan Anda untuk tidak mengatakan hal-hal buruk tersebut.

3. Jauhkan Anak dari Pergaulan yang Tak Baik

Seringkali, kebiasaan anak mengucapkan istilah yang kasar disebabkan karena ia bergaul dengan teman-teman yang salah. Kadang anak bergaul dengan kawan yang usianya sudah terlalu dewasa atau bergaul dengan geng yang nakal.

Bila Mama dan Papa mendapati sumber masalah yang seperti ini, cobalah menjauhkan anak dari teman-temannya tersebut. Tapi, Mama dan Papa harus lebih “cerdik”. Jangan menjauhkan anak dari teman-temannya dengan melarangnya secara langsung. Anak pasti aka berontak dan sakit hati bila Mama dan Papa melakukan itu.

Lebih baik, carikan kesibukan lain untuk anak. Misalnya, daftarkan anak mengikuti les basket, voli, hingga sepak bola. Atau, di hari-hari libur, ajak anak berwisata bersama keluarga atau mengunjungi rumah saudara yang lain. Dengan cara ini, makin lama anak akan makin terjauhkan dari pergaulan yang salah.

4. Didik Anak untuk Lebih Berempati

Didiklah anak dengan empati agar ia tak sering berkata kasar pada orang lain. Sebab, seringkali anak-anak yang berkata kasar tidak paham bahwa ucapannya bisa melukai orang lain.

Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan untuk menstimulasi empati anak? Banyak! Menonton film yang bagus, merawat hewan peliharaan, hingga berkebun bisa melatih kepekaan anak terhadap orang lain.

5. Hukum Anak dengan Membaca Buku

Ya, buku! Hukuman yang paling cocok diberikan sebagai solusi mengatasi anak lelaki suka berkata kasar adalah membaca. Dengan membaca, wawasan anak akan bertambah. Perbendaharaan katanya juga makin banyak. Empatinya pun bisa terasah bila yang diberikan adalah novel-novel yang menyayat hati.

Coba saja Mama dan Papa terapkan tips ini. Ketika anak mengeluarkan satu kata makian, “hukum” dia dengan membaca 1 buku. Kemudian, suruh ia menceritakan kembali buku yang sudah dibacanya itu sebagai bukti bahwa ia telah menjalani hukumannya.

6. Mama dan Papa Harus Kompak

Kekompakan harus diperlihatkan Mama dan Papa terkait masalah ini. Jangan sampai hanya salah satu pihak yang menegur anak, tapi yang lain malah menertawakannya.

Nah, biasanya nih, Papa yang suka menyepelekan anak yang “melanggar aturan.” Sementara Mama yang suka marah-marah menegur. 

Padahal perbedaan sikap tersebut tidak baik. Anak hanya akan jadi bingung dan tak bisa membedakan mana yang salah dan mana yang benar.

Baca juga: Pekerjaan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

7. Beri Imbalan pada Anak

Tak ada salahnya lho memberikan hadiah kepada anak bila ia berhasil tidak berkata kasar. Coba deh, Mama dan Papa bilang ke anak, bahwa bila ia berhenti mengumpat, ia boleh meminta sebuah kado. Dengan demikian anak akan lebih termotivasi untuk berubah. 

Penutup: tentang Solusi Mengatasi Anak Lelaki Suka Berkata Kasar

Kebiasaan mengucapkan kata-kata kasar dan umpatan bukanlah hal yang baik. Sayangnya, banyak anak lelaki yang memiliki masalah ini. Meski sudah dididik dengan baik di dalam keluarga, mereka masih terpengaruh oleh lingkungan yang buruk.

Sebagai orangtua, tentu Mama dan Papa harus bisa mengatasi masalah ini. Untuk caranya, silahkan ikuti penjelasan dari Figblog di atas. 

Semoga informasi tentang tips mengatasi anak lelaki suka berkata kasar ini bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "7 Tips ini adalah Solusi Mengatasi Anak Lelaki Suka Berkata Kasar"