Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pekerjaan untuk Ibu Rumah Tangga Zaman Now dengan Gaji Lumayan

Ini dia 10 jenis pekerjaan untuk ibu rumah tangga alias IRT di zaman now. Kesepuluh contoh pekerjaan ini bisa Mama Figi manfaatkan bila memang ingin meniti karir.

Menjadi Ibu Rumah Tangga tak selalu harus mengurus pekerjaan domestik saja. Kalau anak masih kecil, IRT memang sibuk. Tapi bagaimana kalau anak sudah besar? Bila para mama terlampau mencampuri urusan anak yang sudah besar pun, efeknya belum tentu baik untuk si kecil. 

Selain itu, anak terutama anak perempuan juga perlu role model dari ibunya. Melihat ibunya yang hanya mengurus pekerjaan domestik (dan mungkin bergosip) jelas tidak sehat. Si ibu juga harus menunjukkan ke anak perempuan bahwa wanita juga sama cerdasnya dengan laki-laki.

Nah, kira-kira apa saja pekerjaan untuk ibu rumah tangga yang paling tepat? Di zaman dulu sih mungkin semuanya jawab menjahit dan masak. Padahal di era modern seperti sekarang ini, pekerjaan para Mama Figi pun bisa saja mencakup pengaplikasian teknologi mutakhir!
Pekerjaan untuk Ibu Rumah Tangga

Pekerjaan untuk Ibu Rumah Tangga di Zaman Modern

1. Penerjemah

Banyak perempuan yang memilih menjadi IRT sebetulnya hanya karena mengalah pada suami mereka. Mereka pun tak jarang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. 

Misalnya saja teman Figi yang telah menempuh pendidikan strata 1 atau SI sastra asing. Keterampilan tersebut akhirnya dimanfaatkan teman Figi untuk lebih produktif saat menjadi IRT. Jadi kalau para mama punya kemampuan bahasa asing, ya dimanfaatin dong. Coba tawarkan jasa Mama ke mahasiswa dan media-media.

2. Penjual Online

Mama juga bisa mencoba menjadi penjual online. Tak perlu punya produk sendiri kok. Mama bisa menjadi drop shipper atau membeli produk grosir untuk kemudian dijual secara ecer di online. Bagaimana dengan MLM? 

Tak masalah kalau produknya bagus dan Mama bisa memasarkannya. Misalnya saja aneka produk kecantikan hingga alat-alat masak. Ih, gemes kan kalau arisan bisa sekalian jualan dan dapat untung banyak?!

3. Penulis

Jenis pekerjaan untuk ibu rumah tangga berikutnya adalah penulis. Bagi yang suka menulis, coba saja buat berbagai karya mulai dari essay sampai cerpen ke majalah hingga koran nasional. 

4. Laundry

Bila Mama tinggal di area kos mahasiswa atau di area perkotaan, buka saja usaha pencucian atau laundry. Selain mudah, pekerjaan ini pun cukup menguntungkan. Meski ya... lumayan capek. Hihi.

5. Aneka UKM Kerajinan

Selain UKM dengan produk makanan, UKM produk kerajinan juga bisa dicoba lho buat ditekuni. Misalnya membuat suvenir pernikahan, membuat tas kanvas, bunga hias, dan masih banyak lagi.

Sudah banyak cerita para Mama yang sukses dalam membuat produk seperti itu. Bahkan ada yang sampai mengekspor produknya juga.

6. Jualan Konvensional

Jualan secara konvensional merupakan salah satu pekerjaan untuk ibu rumah tangga yang paling sering dipilih. Produk yang dijual beragam dari jus buah sampai pulsa. Kalau memang punya bakat di bidang jual beli dan lokasi strategis, kenapa tidak?

7. Web Developer Freelance

Perempuan pun sekarang banyak yang sudah belajar menjadi web developer. Jadi, kalau Mama memang punya keahlian di bidang ini, jangan sia-siakan. Mama bisa menawarkan jasa secara freelance dan online untuk mendapat pundi-pundi keuntungan yang banyak.

8. Mengajar Les Pelajaran

Mama juga bisa mengajar sebagai guru les di tempat tinggal. Selain lumayan, Mama pun bisa menyebarkan ilmu yang bermanfaat.

9. Membuat Pupuk Organik

Para orangtua yang mengerjakan pekerjaan domestik, pasti tahu betapa kehadiran sampah dapur kadang kala mengganggu. Padahal sampah-sampah dapur terutama yang organik tersebut bisa diolah lho. Jadi, buat saja sampah-sampah itu menjadi pupuk atau kompos organik. 

Lalu jual hasilnya ke penjual bunga, petani, atau jual secara online. Mama pun bisa memakainya sendiri untuk menyuburkan tanah yang dipakai untuk menanam tanaman di rumah, baik itu tanaman hias ataupun sayur mayur. Pasti asyik sekali bukan?


10. Catering dan Aneka UKM Makanan

Bagi para Mama yang suka memasak, Mama bisa mencoba peruntungan dengan membuka catering dan UKM makanan lain. Lakukanlah pelan-pelan agar modalnya tak mencekik. Misalnya, dengan mula-mula menjajakan kue kering secara online. Jadi Mama hanya membuat si kue kering kalau ada pesanan saja.

Nah, itulah beberapa tips dari kami berupa contoh pekerjaan untuk ibu rumah tangga yang oke punya. Dengan kesibukan ini, Figi yakin para Mama Indonesia pun pasti merasa lebih berharga dan bisa menjadi role model buat anak, terutama si kecil yang perempuan. 

Posting Komentar untuk "10 Pekerjaan untuk Ibu Rumah Tangga Zaman Now dengan Gaji Lumayan"