Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 5 Film Anak Bukan Kartun yang Edukatif dan Sangat Seru Ditonton

Film anak bukan kartun pun sangat menarik lho! Jadi kalau Papa dan Mama pengen memberikan tontonan yang bagus untuk buat hati, jangan membatasi di film animasi semata. 

Coba simak 5 contohnya di bawah ini. Anda bisa menontonnya dengan buah hati saat akhir pekan agar si kecil terhibur sekaligus bisa belajar pesan-pesan moral yang bagus.

film zathura

5 Film Anak Bukan Kartun Recommended

1. Zathura

Zathura adalah film yang pasti akan selalu Figi sarankan buat Papa dan Mama yang ingin memberikan tontonan buat buah hati. Film ini juga punya beberapa seri. Tiap seri punya kisah yang sangat amat seru. Tema film ini adalah adventure atau petualangan.


Di seri ketiga, misalnya, dua kakak beradik sampai terlempar ke luar angkasa karena memainkan sebuah mainan ular tangga ajaib. Agar bisa kembali ke bumi, mereka berdua harus melewati tantangan yang sangat mendebarkan.

Nilai-nilai kekeluargaan selalu disisipkan pada semua seri Zathura. Misalnya, konflik antara ayah dan anak, antara kakak dan adik, dan lain-lain yang nantinya diselesaikan di akhir cerita.

Film ini akan membantu si kecil mengembangkan imajinasinya, menstimulinya untuk bertualang, dan belajar soal relasi dalam keluarga.

2. Petualangan Sherina

Anak tahun 1990an pasti tau film Petualangan Sherina! Yak, dulu pun Figi begitu tergila-gila dan mengidolakan Sherina. Film anak bukan kartun ini berkisah mengenai Sherina dan Sadam saat harus berhadapan dengan komplotan penjahat yang ingin mencelakai ayah Sadam. 

Yang unik, film ini dipenuhi dengan lagu-lagu menarik, karena memang jenisnya film musikal. Lagu-lagunya bukan hanya riang tapi sarat akan pembelajaran mengenai alam dan jiwa petualangan. Yang tak kalah asyik dari film ini tentu saja sosok Sherina itu sendiri. 

Tak banyak lho toko perempuan menjadi pemeran utama yang adventurous macam dia. Nah, buat Papa dan Mama yang pengen princess kecilnya jadi sosok mandiri dan kuat, Petualangan Sherina ini wajib dijadikan tontonan.

Tema dan nilai yang disampaikan: Petualangan, emansipasi perempuan, keberanian, kesetiakawanan, kepahlawanan (menolak ditindas dan menolak menindas yang lemah), kecintaan pada ilmu pengetahuan.

3. Spelling Bee

Film anak bukan kartun lainnya yang edukatif adalah Spelling Bee. Spelling Bee mengisahkan mengenai seorang siswa kulit hitam yang berhasil menjadi juara nasional dalam bidang spelling (pengejaan). 

Akeelah si pemeran utama harus bertarung dengan segala keterbatasan, mulai dari rasa mindernya, keterbatasan ekonomi, sampai keraguan dari ibunya sendiri. Pokoknya cocok bagi anak-anak yang butuh motivasi untuk bisa berprestasi, khususnya mereka yang sudah kelas 5 SD hingga SMP.

Tema dan nilai yang disampaikan: Pendidikan, perjuangan, keberanian, kesetiawakanan, kemauan untuk berjuang, kecintaan pada ilmu pengetahuan.

4. August Rush

Ausgust Rush adalah film yang berkisah mengenai seorang anak yang tinggal di panti asuhan. Meski sejak kecil ia tak pernah bertemu orangtuanya, namun ia percaya bahwa orangtuanya masih hidup dan mencarinya. 

Ia pun nekat kabur dari panti asuhan untuk mencari orangtuanya, dan tanpa disangka-sangka ternyata ia juga menemukan bakat terpendamnya di bidang musik.

Tema dan nilai yang disampaikan: Kemauan, keberanian, kasih sayang ibu dan anak

5. Laskar Pelangi

Selain Petualangan Sherina, masih banyak lagi film anak bukan kartun asal Indonesia yang bagus-bagus. Cuma, ya Figi memang jarang menontonnya. 


Nah, film anak Indonesia lain yang Figblog tonton adalah Laskar Pelangi. Film ini  sangat menarik. Poin yang disampaikan mirip dengan Spelling Bee, namun nuansa kehidupan kanak-kanaknya lebih terasa.

Tema dan nilai yang disampaikan: perjuangan, kemauan untuk maju, keberanian, kecintaan pada ilmu pengetahuan, kasih sayang pada guru

Nah, itu dua 5 film anak bukan kartun yang Figblog rekomendasikan. Semoga bermanfaat, ya. Sekali lagi, selain bisa memberikan tontonan yang seru, Anda juga bisa mengasuh anak dengan pesan-pesan moral yang disampaikan. 

Posting Komentar untuk "Ini 5 Film Anak Bukan Kartun yang Edukatif dan Sangat Seru Ditonton"