Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paling Ampuh! Ini Solusi Menghadapi Mertua Galak yang Bikin Kicep

Salah satu penyebab munculnya masalah dalam sebuah keluarga adalah adanya konflik dengan mertua. Karena kadang, seseorang mendapatkan mertua yang memiliki watak keras dan pembawaan judes. Jika hal itu tidak bisa Mama dan Papa sikapi dengan baik, tentu saja akan sering terjadi crash yang berakhir pada konflik. Nah, apa sih solusi menghadapi mertua galak?

Solusi Menghadapi Mertua Galak

1. Tenangkan Pikiran Anda, Bersabarlah

Solusi yang pertama adalah diam terlebih dahulu dan berpikir jernih. Anda harus sadar jika Anda adalah menantu yang harus menghormati mertua. Jangan terlalu mengkonfrontasi, apalagi bila situasinya masih bisa dikendalikan.

Sebab jika Anda memaksakan diri bertindak keras maka hasilnya adalah konflik yang bisa menghancurkan hubungan rumah tangga. Pasangan Anda pun bisa sakit hati ketika orangtuanya dibentak-bentak atau dimarahi.

Hal lain yang perlu Anda pahami adalah fakta bahwa kebanyakan orang yang sudah tua umumnya  tidak mau kalah dan harus benar. Sebagai menantu yang masih muda, kita harus lebih bijak. Jangan sampai hubungannya malah jadi memburuk hanya karena Anda menuruti ego saja. 

2. Bawakan Mertua Oleh-oleh

Tips atau solusi menghadapi mertua galak yang kedua adalah membawakan mereka oleh-oleh. Seringkali, cara ini efektif apalagi jika Anda baru pulang dari perjalanan. Mereka pasti akan sangat bahagia ketika dibelikan sesuatu oleh menantunya. Mereka merasa diingat, dihargai, dan dicintai.

Cara ini memang tidak akan serta merta membuat mertua Anda jadi lemah lembut. Namun setidaknya, kini mereka akan berusaha melunakkan hatinya pada Anda karena merasa Anda menghargainya.

Nah untuk rekomendasi oleh-olehnya sendiri, silahkan baca artikel Figi yang lain, 8 Rekomendasi Terbaik Oleh-oleh Makanan untuk Mertua.

3. Menghadapi Mertua Galak dengan Memujinya

Solusi ketiga adalah memuji mertua. Terkadang, seseorang merasa kesal ketika dirinya tidak pernah  diapresiasi. Maka dari itu, sedikit pujian penting sekali diberikan. Namun jangan berlebihan dan terkesan menjilat.

Beberapa pujian yang bisa diberikan adalah mengenai lezatnya masakan yang dibuatnya (khusus untuk ibu mertua), hingga kebijakan sifatnya (untuk kedua mertua). Akan lebih baik bila Anda bisa memuji secara spesifik sesuai kegemaran mertua.

Contoh, ayah mertua Anda sangat suka memancing. Nah, sekali-kali tanyalah perkara tersebut dan pujilah pengetahuan ayah mertua Anda soal hobinya itu.

4. Ajak Bercanda

Solusi yang selanjutnya bisa diambil untuk menghadapi mertua galak adalah dengan mengajaknya bercanda. Memang tidak mudah, malah agak beresiko. Namun tak ada salahnya untuk mencobanya.

Pastikan saja candaan Anda tidak garing dan tidak melewati batas-batas etis. Bila Anda berhasil, bukan saja mertua bisa terpingkal-pingkal, ia pun akan merasa lebih dekat dengan Anda. Dengan demikian, sifat galaknya tidak akan seintens seperti sebelumnya.

5. Menghadapi Mertua Galak dengan Membanggakannya di Depan Orang lain

Tindakan selanjutnya yang dilakukan oleh para menantu untuk mengambil hati mertua adalah membanggakannya di depan orang lain. Bagaimanapun rupa, sifat, dan perilaku mertua, Anda harus bangga memiliki mereka.  

Baca juga: Tips Membeli Ikan di Pantai Depok

Coba ungkapkan kebanggaan Anda ketika sedang ngobrol dengan tetangga atau keluarga. Nanti, para tetangga atau keluarga itu bisa jadi akan menyampaikan ke mertua Anda. Sehingga, mertua Anda akan berseri-seri dibuatnya.

6. Minta Tolong Pasangan untuk Membujuk Orang Tuanya

Bagaimana bila mertua Anda benar-benar tidak bisa digerakkan hatinya? Padahal Anda sudah mengikuti semua saran menghadapi mertua galak di atas. 

Dalam kondisi demikian, sebaiknya Anda minta tolong ke pasangan. Pasangan Anda bagaimanapun juga ialah anak kandung mertua Anda. Ia pasti tahu seluk-beluk dan cara mengambil hati orangtuanya. 

Penutup

Nah kurang lebih, itulah saran-saran dan nasehat yang bisa Figblog berikan. Masalah dengan mertua pada akhirnya adaah masalah yang tak bisa disepelekan. Dan seringkali hal ini disebabkan oleh kegalakan orangtua pasangan Anda itu.

Baca juga: 5 Penyebab Anak Usia 3 Tahun Belum Bisa Bicara

Oleh sebab itulah harus dilakukan penanganan yang tepat menghadapi mertua galak seperti dijelaskan di atas. Semoga saran-saran itu bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "Paling Ampuh! Ini Solusi Menghadapi Mertua Galak yang Bikin Kicep"