Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dari Unyu sampai Mandiri, Ini lho 7 Alasan Orang Memelihara Kucing

Walau influencer ternama seperti Panji benci kucing, tapi para kucing lovers tetaplah banyak. Terus apa  sebetulnya alasan orang memelihara kucing? Yuk, simak di bawah ini.

Di antara banyak tetangga Figi, barangkali hanya Figi dan keluarga yang memelihara kucing. Dan punya kucing di antara mereka yang tak punya kucing dan bahkan membenci kucing itu “sesuatu banget.” Pasti kucing lovers tau kan maksud Figi?

Misalnya yang sering bikin jengkel adalah diketawain waktu memeriksakan kucing ke dokter. Menurut mereka, yang Figi lakukan itu aneh dan berlebihan.

7 Alasan Memelihara Kucing

Apalagi kucing Figi “statusnya” kucing kampung. Udah deh, dikira orang kurang kerjaan beneran. 


Tapi ya Figi maklum sebab orang-orang itu mungkin tak paham apa saja serunya punyia hewan imut itu di rumah. Nah, buat kamu yang juga bingung kenapa orang-orang suka si mpus, coba simak penjelasannya di bawah ini.

7 Alasan Orang Memelihara Kucing

1. Mereka Menjaga Rumah dari… Kecoa!

Naluri berburu kucing strikes! Melihat sesuatu yang bergerak, mereka langsung semangat memburuk. Kadang maksudnya bermain, tapi yang diburu beneran. 

Tapi yang jelas sih sejak ada kucing di rumah, Figi merasakan sendiri kalau rumah jadi bebas kecoa. 
Dan berhubung Figi takut banget sama kecoa, ketengilan kucing ini bermanfaat banget buat Figi.

2. Mereka Membuat Rumah Bebas Tikus

Ini bener lho. Beberapa rumah di sekitar rumah Figi punya banyak tikus. Dulupun rumah Figi begitu.

Tikusnya besar-besar pula. Serem dan menjijikkan. Tapi setelah Figi ambil 1 kucing, tikus mulai berkurang. Dan sekarang dengan jumlah kucing sebanyak 4 ekor, rumah benar-benar bebas dari tikus. 

3. Imut dan Unyu

Sebenarnya, alasan ketiga inilah yang jadi alasan orang memelihara kucing yang paling umum. Yak, gimanapun juga si kitty memang imut dan lucu. Mereka juga suka bermain, dan kalau sudah begitu, lucunya bisa ampun-ampunan.

4. Tak Sulit Kok Perawatannya

Figi pribadi tak melakukan perawatan tetek bengek terhadap si kucing. Figi cuma memandikannya seminggu sekali dengan shampoo anak-anak. Apalagi kucing Figi kan kucing kampung yang rambutnya pendek sehingga tak perlu dirawat secara serius.

Selain itu, Figi cuma perlu memberikan makan dan memastikan dia diobati ketika sakit. Soal makanan, kucing Figi sama sekali tak rewel. Kadang Figi belikan Whiskas, ikan sungai, ikan laut, dan ikan asin. 

5. Biar Adik Belajar Hewan dan Menyayanginya

Kucing punya sifat yang khas. Mereka juga punya kepribadian yang berbeda-beda. Dan menurut Figi, kita bisa belajar banyak saat berinteraksi dengan makhluk non manusia itu. 

Selain agar paham bahwa dunia ini bukan manusia doang, kita juga bisa belajar empati dan menyayangi makhluk lain. Nah, berhubung Figi punya adik, maka Figi selalu menggunakan si mpus untuk mengajari adik Figi agar lebih lembut dan empatik. Intinya, alasan orang memelihara kucing yang satu ini sifatnya edukatif, alias untuk alasan pendidikan.

6.  Dengkurannya yang Menenangkan

Dengkuran kucing? Loh iya. Istilah bahasa Inggrisnya adalah purring. Cat purring alias dengkuran kucing itu menenangkan sekali. Setelah lelah bekerja seharian, Figi suka menggendong kucing  yang kemudian akan mendengkur dengan hangat. 

7. Bersih dan Pintar

Kucing itu binatang yang bersih lho. Mereka sangat rajin membersihkan diri dan sesamanya. Bila ada tempatnya, mereka juga hanya akan poop di tempat khusus.


Kucing bukan hewan seperti ayam atau bebek yang intelegensinya rendah. Jadi, selain menyenangkan, alasan orang memelihara kucing pun seringkali terletak pada sifatnya yang mandiri dan bersih.

Posting Komentar untuk "Dari Unyu sampai Mandiri, Ini lho 7 Alasan Orang Memelihara Kucing"