Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jenis Oleh-oleh Makanan untuk Mertua dari Onbekuk sampai Bolu Pandan

Salah satu cara untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari mertua adalah dengan memberikan sesuatu pada mereka. Misalnya dengan memberikan oleh-oleh makanan untuk mertua tersayang. 

Cara ini bisa dikatakan efektif untuk mengatasi mertua yang galak. Nah, kali ini Figblog.info akan membahas beberapa rekomendasi buah tangan berupa makanan untuk mertua yang patut kamu coba.

Oleh-oleh Makanan untuk Mertua

Rekomendasi 8 Jenis Oleh-oleh Makanan untuk Mertua

1. Martabak Manis

Pertama-tama, tanyakan ke pasangan Anda, apakah ibu atau ayahnya suka pada makanan manis? Jika iya, martabak manis adalah salah satu oleh-oleh yang patut dicoba. Alasannya? Yah karena makanan ini lembut dan enak banget untuk dimakan pada malam hari.

Apalagi kalau kita memberikannya saat cuaca sedang hujan dan dingin, martabak manis yang hangat bisa banget jadi pilihan buah tangan ketika pulang ke rumah mertua.

Baca juga: Plus Minus Ngontrak vs Tinggal Sama Mertua

2. Martabak Telor

Bila mertua Anda suka yang gurih, martabak asin bisa jadi pilihan yang lebih baik daripada martabak manis alias terang bulan. Oleh-oleh makanan untuk mertua ini lebih cocok dimakan ketika malam hari dalam suasana yang ceria. 

Karena gurihnya, martabak asin bisa banget Anda jadikan lauk makan. Hehe… Hayo siapa nih yang suka makan martabak telor pakai nasi?

Nah, buat mertua yang galak dan suka yang asin-asin, maka salah satu cara melunakkan hatinya ya dengan makanan ini. Biar makin mantap, baiknya minta penjual martabaknya untuk memberikan lebih banyak isian daging atau ayam.

3. Kue Onbekuk

Oleh-oleh untuk mertua yang selanjutnya adalah kue Onbekuk. Sebagai kue yang memiliki cita rasa yang beda, kue ini cocok banget Anda bawa sebagai oleh-oleh ke rumah mertua Anda.

Apalagi, kue ini dikenal sebagai cake rempah khas Belanda. Oleh orang Indonesia kemudian disebut sebagai Onbekuk. Apapun namanya, kue ini adalah makanan yang cocok banget Anda jadikan oleh-oleh makanan untuk keluarga ataupun mertua anda di rumah.

4. Serabi

Orang tua, kadang-karang menyukai jajanan tradisional yang basah. Jika mertua Anda juga demikian, maka Anda harus coba membawa oleh-oleh tradisional bernama kue serabi. Kue ini dikenal lembut, enak, dan lezat.

Makanan basah ini bisa dikatakan cepat basi, maka dari itu, ianya harus segera dihabiskan sebelum makanan ini basi. Dan tentu saja, makanan yang satu ini akan sangat nikmat ketika dihidangkan dalam keadaan hangat.

Jadi bila Anda bermaksud memberikan makanan ini sebagai oleh-oleh, sebaiknya pilih gerai terdekat. Atau, bila jauh, beli saja tipe serabi yang kering, bukan yang basah.

5. Bika Ambon

Lezatnya bika ambon memang demikian menggoda. Jadi jika sedang bepergian ke suatu tempat, tak ada salahnya membelikan bika di toko-toko backery sebagai oleh-oleh makanan untuk mertua yang galak.

Bika ambon sendiri adalah makanan khas dari Medan. Nama Ambon yang disematkan pada makanan ini berasal dari fakta bahwa gerai pertamanya terletak di Jalan Ambon, di Medan.

6. Pempek Palembang

Pempek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling halus lalu dicampur dengan tepung sagu dan dicampur berbagai bumbu lainnya. Setelah itu, disediakan pula "cuko" yang terbuat dari cuka, gula merah, dan beberapa bahan lainnya sehingga menghasilkan cita rasa kecut pedas dan segar.  

Jika Anda memiliki mertua yang suka gurih dan dari olahan ikan, makanan yang satu ini bisa menjadi oleh-oleh. Anda pub tidak akan kesulitan menemukannya di pinggir jalan ataupun di tempat makan mall-mall. Dijamin, mertua Anda yang galak pasti bakalan luluh ketika dibawakan pempek.

7. Bolu Pandan

Makanan yang satu ini adalah makanan yang berasal dari tanah melayu. Sehingga sudah sangat terkenal di negara-negara tetangga juga. Jika Anda mendapati orang yang berjualan kue yang satu ini, maka wajib rasanya Anda membelinya sebagai oleh-oleh makanan untuk mertua Anda yang galak itu.

Makanan ini memiliki tekstur yang empuk, lembut, dan rasanya pun lezat ini. Secara umum kebanyakan orangtua pasti akan sangat menyukainya.  

8. Donat

Makanan terakhir yang bisa Anda bawakan untuk mertua adalah donat. Makanan yang memiliki bentuk bulat dan ada lubang di tengah-tengahnya ini adalah makanan yang enak dan cocok untuk segala usia.

Selain rasanya yang sedap, donat adalah makanan yang dikenal manis, awet, dan empuk. Jika Anda membawakan makanan ini untuk keluarga di rumah, dijamin mereka pasti akan menyambutnya dengan bahagia dan memakannya dengan senang hati.

Nah, kiranya itulah 8 jenis oleh-oleh makanan untuk mertua yang bisa Figblog sarankan. Silahkan pilih yang paling cocok di lidah mertua Anda ya. Good luck!

Posting Komentar untuk "8 Jenis Oleh-oleh Makanan untuk Mertua dari Onbekuk sampai Bolu Pandan"