7 Cara Move On Sebelum Nikah untuk Keluarga yang Harmonis

Terkadang sebelum menikah, ada dilema tersendiri bagi tiap-tiap mempelai mengenai beberapa hal. Baik itu mengenai memantapkan hati, bahkan sampai ke perihal teringat mantan. Hal ini menyebabkan gagal move on sebelum nikah, padahal pernikahan sudah didepan mata.

Maka sudah sebaiknya Anda harus segera move on dari mantan ketika ingin memantapkan hati untuk menikah dengan calon mempelai. Tentu tidak ingin bukan, pernikahan berjalan kandas gara-gara teringat mantan terus-menerus?

Move On gambar

7 Cara Move On Sebelum Nikah

1. Memutuskan Aktivitas dengan Mantan

Jika Anda masih terlalu sering melihat update terbaru dari mantan, dan merasa gagal move on dari itu. Maka sangat diperbolehkan bagi Anda untuk memutuskan aktivitas darinya. Jika perlu block sementara akun mantan agar Anda bisa berdamai dengan kondisi saat itu.

Jika Anda sudah merasa damai, maka Anda bisa unblock lagi akunnya. Pastikan saja jangan terlalu sering berhubungan di awal-awal putus, apalagi saat mau menikah. Memang Anda harus menjaga sillaturahim, tapi harus ada hati yang disembuhkan terlebih dahulu. Jadi pastikan Anda benar-benar rehat dari “kepo” atau berhubungan langsung dengan mantan.

2. Ingat Hal-Hal Buruk yang Pernah Mantan Lakukan Kepadamu

Jika sudah memutus aktivitas namun Anda masih kepikiran mantan, coba ingat hal buruk apa yang membuat kalian mengakhiri hubungan. Karena terkadang ketika hubungan berakhir, orang hanya mengingat kenangan baiknya dari hubungan tersebut, bukan mengingat kesalahannya.

Hal buruk apa yang menjadikannya tidak menjadi bagian di masa depan Anda. Tentu hal buruk tersebut tidak bisa ditoleransi sehingga kalian tidak bisa berakhir di jenjang pernikahan. Jadi kalian memang tidak ditakdirkan untuk bersama.

3. Memaafkan Kesalahan Mantan

Berdamai adalah pilihan yang bijaksana. Anda harus bisa memaafkan kesalahan mantan untuk bisa memulai hubungan yang baru dengan orang lain. Jadi tidak ada dendam yang Anda bawa untuk dilampiaskan di hubungan selanjutnya.

Meskipun susah, coba maafkan. Setidaknya sekarang ada orang yang sudah mau menerima Anda dan lebih baik dari mantan yang telah lalu.

4. Pastikan Lagi Alasan Kenapa Kamu Belum Move On Dari Mantan

Ketika Anda gagal move on dengan mantan, pastikan lagi apa alasannya. Apakah memang masih sayang? Atau hanya penasaran? Jika sayang tentunya hubungan tersebut tidak akan berakhir. Karena se emosi apapun orang yang sama-sama sayang tidak akan bisa untuk mengakhiri suatu hubungan.

Jadi pangkas rasa penasaranmu dengan memutus aktivitas dari mantan. Tetap berhubungan boleh, tapi jangan terlalu sering. Ingat prioritasmu adalah dia yang sudah menunggumu di masa depan.

5. Tenangkan Diri, Berdamailah dengan Perasaan Diri Sendiri

Ketika Anda merasa kalut dan teringat mantan. Maka coba tenangkan diri. Bisa dengan meditasi atau aktivitas refreshing pikiran lainnya. Anda bisa mengekspresikan dengan leluasa perasaan saat itu. Jika ingin menangis, tangiskan. Jika ingin marah, lampiaskan dengan baik. 

Kemudian berdamailah dengan perasaan pada diri sendiri. Teringat mantan dan kebaikannya adalah hal yang wajar. Tapi itu bukan alasan untuk kembali berada di sisinya. 

6. Menyadari Bahwa Hidup Terus Berjalan

Setelah Anda sudah mencoba untuk berdamai dengan diri sendiri bahwa teringat mantan adalah hal yang wajar, maka coba sadarkan diri bahwa hidup terus berjalan. Anda perlu melangkah ke depan, dimana jenjang pernikahan sudah menanti di depan mata.

Fokuslah terhadap hal itu. Jangan terlalu memikirkan masa lalu. Karena masa lalu tidak bisa Anda ulangi, sedangkan masa depan masih bisa Anda rancang dan coba perbaiki. Jadi cobalah untuk terus melangkah bersama calon mempelai Anda ke jenjang pernikahan.

7. Mensyukuri Hal yang Sudah Ada Sekarang

Paling terakhir, jangan lupa untuk terus bersyukur mengenai hal yang sudah ada. Bersyukur sekarang sudah ada orang yang mau untuk dijadikan pasangan Anda sampai tua nanti. Dia yang mau menerima Anda dengan segala kekurangan yang mungkin mantan Anda tidak mau melakukannya.

Jadi jangan sampai menyia-nyiakannya hanya untuk orang yang sudah meninggalkan Anda. Bersyukur adalah jalan terbaik untuk hidup dengan damai dan tentram. Serta jalan terbaik untuk segera move on dari mantan.

Previous Post
Next Post

0 Comments: