Jangan Beli Hiu dan 5 Tips Membeli Ikan di Pantai Depok lainnya

Halo Mama dan Papa Figi! Siapa nih yang tinggal di Jogja dan ingin membeli ikan di pantai selatan dari nelayannya langsung? Mending simak dulu tips membeli ikan di pantai Depok ini dulu.

tips membeli ikan di pantai Depok

Pantai Depok memang terkenal dengan kuliner seafood-nya yang berlimpah dan enak. Namun di luar itu, di sini kita juga bisa membeli ikan laut segar hasil tangkapan nelayan lho.

Cuma, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila kita ingin membeli. Selain menentukan jenisnya (cob abaca artikel 10 Jenis Ikan di Pantai Depok), kita juga harus memastikan 5 hal di bawah ini.

6 Tips Membeli Ikan di Pantai Depok Jogja

1. Pasar Ikan vs Tempat Pelelangan Ikan

Kalau mau beli ikan yang fresh dari pantai (bukan ikan kiriman dari Semarang) maka belilah langsung ke para nelayan di pantai. Jangan membeli di pasar ikan. Dan fyi, justru membeli ke nelayan lebih murah meski tidak sevariatif di pasar ikan.

Loh kok begitu? Iya, sebab kebanyakan ikan yang dijual di pasar Depok adalah kiriman ikan laut utara Jawa. Hasil tangkapan nelayan pantai selatan kurang karena ombak yang sangat besar. 

Kalau Mama dan Papa Figi mau beli ikan yang benar-benar segar, maka segeralah ke tempat lelang ikan pagi-pagi. Jadi, tidak akan kehabisan.

2. Udang, Kepiting, dan Cumi di Pasar Ikan

Tips kedua membeli ikan di Pantai Depok ini perlu dibaca buat yang ingin membeli hewan laut non ikan. Misalnya kita ingin membeli kepiting atau udang saja.

Nah, bila memang maunya membeli biota yang lebih variatif dengan campuran udang dan kepiting, silahkan beli di Pasar Ikan Pantai Depok. Di sana, spesies yang dijual lebih beragam.

3. Tips Membeli Ikan di Pantai Depok Super Penting: Hindari Anak Ikan Hiu

Jangan membeli anakan ikan hiu ya. Di Pasar Ikan Depok dan di Pelelangan  masih terdapat beberapa anak hiu tangkapan. Padahal itu sudah illegal. Jangan berkontribusi terhadap pembunuhan ikan-ikan hiu yah Mama dan Papa Figi sekalian.

4. Ecer atau Borong

Seberapa banyak ikan yang mau dibeli? Di tempat lelang ikan, minimal kita harus mengeluarkan Rp. 35.000,- untuk sejumlah ikan yang dijual nelayan. Kita tak boleh asal memilih sendiri, apalagi cuma beli 1 atau 2 ikan kecil. Tapi tenang, harga yang dibanderol tetap murah.

Hanya saja, bila ada yang tertarik membeli 1 atau 2 ekor ikan saja, silahkan beli di pasarnya. Di sana, kita bebas membeli eceran ikan yang dijual.

5. Dapatkan Segera

99% Figi berani bilang bahwa beragam jenis ikan di Pantai Depok yang dijual nelayan masih fresh. Sementara di pasar ikan, Anda harus hati-hati. Sebab ada beberapa ikan yang sudah mulai tidak baik. 

Ciri ikan yang sudah lama disimpan adalah matanya memerah dan dagingnya tidak kenyal. Semakin merah matanya, maka ikan semakin lama disimpan. Hati-hati juga dengan mata ikan yang blur. Mata ikan yang blur bisa jadi menandakan ikan diberi formalin.

Namun, perlu dicatat untuk tips membeli ikan di pantai Depok selanjutnya, bahwa Anda harus datang di waktu tertentu. Nelayan biasanya membuka lelang langsung di bibir pantai sekitar jam 9. 

Saat itu, banyak sekali orang yang segera menyerbu perahu-perahu nelayan. Dalam waktu cepat, ikan segar sudah bisa langsung habis. Makanya, jangan sampai keduluan.

6. Tawar Menawar

Jangan ragu untuk menawar ikan di pasar ikan dengan rasional. Tapi kalau sama nelayan, sebaiknya jangan ditawar dengan sadis. 

Mereka kerja tidak main-main (bertaruh nyawa). Dan mereka biasanya sudah memasang harga yang tidak mahal. Anda yang biasanya beli di toko ikan bisa kaget kalau membeli aneka jenis ikan laut tangkapan nelayan di pantai selatan ini. Yah kecuali kalau ketemu nelayan nakal yang menganggap kita orang kota yang tak tahu harga ikan.

Kurang lebih itulah 5 tips membeli ikan di Pantai Depok Yogyakarta tercinta. Sampai jumpah di artikel Figblog menarik lainnya.

Previous Post
Next Post

0 Comments: