Ini 10 Jenis Ikan di Pantai Depok Yogyakarta yang Dijual di Pelelangan

Apa saja jenis ikan di pantai depok yang dijual nelayan? Yuk, simak. Ada berbagai jenis ikan laut tangkapan di pantai selatan mulai dari belanak sampai kakap yang dijual murah meriah lho di pantai tersebut.


Halo Mama Papa Figi! Apakah kalian sering belanja ikan segar dari nelayan langsung? Kalau jawabannya “iya”, maka Mama dn Papa mirip sama Figi. Dan karena Figi tinggal di Yogyakarta, rujukannya untuk membeli ikan laut segar tentu saja di pantai depok. 

Anyway, buat Mama Papa yang pengen beli ikan segar di Yogya di pantai depok, harap bedakan antara pasar ikan dan lelang ikannya ya. 

Di pasar ikan itu, memang tersedia beragam jenis biota laut mulai dari gurame, kepiting, cumi, sampai bawal. Tapi kebanyakan ikan di Pasar Ikan Depok adalah ikan dari Semarang. 

Kalau mau beli yang beneran fresh, langsung saja ke area pantai di mana perahu nelayan berlabuh. Mereka biasanya mulai menjual ikan pukul 9-an. Jangan terlalu siang karena nanti kehabisan. Nah, berikut ini beberapa ikan yang sering ditawarkan para nelayan di pantai tersebut.

Jenis Ikan di Pantai Depok yang Dijual Nelayan

1. Ikan Bawal Putih

Biasanya ikan bawal putih tangkapan para nelayan dijual per kilo atau setengah kilo dengan harga Rp. 20.000,- sampai Rp. 70.000,-. Jumlahnya banyak banget. 

Figi pernah beli Rp. 35.000,- dan mendapatkan lebih dari 10 ikan bawal putih dicampur dengan bawal emas, belanak, kerapu, dan baronang. Ukuran ikan ini kecil dan enak sekali digoreng super kering. 

Bagaimana kalau dipepes? Hmm. Bisa juga, tapi dagingnya (kalau yang masih kecil) terlalu sedikit. 

ikan bawal putih

2. Ikan Bawal Hitam

Meskipun namanya sama-sama bawal, ikan bawal hitam sangat berbeda penampakannya dengan bawal kuning. Warna ikan hitam atau keabu-abuan. Bentuk ikan melebar pipih tapi ternyata dagingnya sangat banyak. 

Kalau Mama dan Papa ingin ikan yang berdaging dan sedikit durinya, Figi sarankan beli ikan di pantai depok ini. Ikan ini tidak selalu tersedia. Dan harganya lumayan mahal dibanding yang lain tapi tetap murah dibanding Anda beli di pasar ikan. Saya pernah beli ikan bawal hitam Rp. 20.000,- itupun masih ditambah “bonus” 2 ekor bawal kuning besar. 

Jenis ikan laut tangkapan nelayan pantai selatan ini tidak begitu saya rekomendasikan buat dipepes. Sebab, kulit ikan ini mirip kulit ikan lele. 

Ketika dipepes, kulitnya menjadi sangat amis dan terkesan “berlendir”. Kalau mau dipepes, sebaiknya kulit ikan dihilangkan dulu. Begitu juga dengan di-steam. Saya lebih suka memasak ikan ini dengan digoreng atau dibakar saja.

Jenis Ikan di Pantai Depok yang Pernah Saya Beli

3. Jenis Ikan di Pantai Depok : Ikan Bawal Emas

Sama seperti bawal putih dan hitam, bawal emas memiliki bentuk pipih melebar. Cuma, bagian sirip ikan ini kekuningan. Dan kalau tidak teliti, bisa saja kita menganggapnya sebagai bawal putih. 

Anyway, di pantai depok, banyak tangkapan bawal emas dari nelayan yang ukurannya kecil dan sering dicampur penjualannya bersama ikan yang ukurannya sama. Ya seperti dibilang di atas, biasanya Figi beli ikan ini setengah kiloan (jumlah 12-15) dengan isi campuran belanak sampai bawal emas.

4. Ikan Belanak

Jenis ikan laut tangkapan nelayan di pantai selatan ini memiliki bentuk memanjang. Jadi bentuknya tidak melebar dan “terkesan” pipih seperti bawal. 

Dari pengalaman Figi, sisik ikannya sangat mudah dikelupas. Dagingnya enak, tapi Figi sih lebih suka dengan cara digoreng. 

Image source: alchetron.com/Moolgarda-seheli

5. Ikan Kakap

Ikan kakap sekilas sangat mirip dengan ikan belanak (bagi orang awam). Tapi ada perbedaan sangat besar di bagian kepala ikan. Pada ikan kakap putih, kepala ikan cenderung lebih kecil sehingga bagian atasnya lebih lancip / runcing dibanding ikan belanak. 

ikan kakap Jenis Ikan di Pantai Depok yang Pernah Saya Beli

6. Ikan Baronang

Jenis ikan di pantai depok berikutnya yang banyak tersedia adalah ikan baronang. Ikan ini memiliki bentuk bulat. Sekilas, ikan ini terlihat mirip dengan ikan bawal putih, tapi kalau diperhatikan lebih seksama, ikan baronang terlihat lebih gemuk. 

Selain itu sisiknya juga berbeda. Silahkan cermati gambar di bawah ini saja dan bandingkan dengan bawal putih.

Image source: tokopedia.com/anugrahalam83s

7. Ikan Kerapu

Ada beberapa jenis ikan kerapu, tapi yang pernah Figi beli hanya satu jenis yang warnanya keabu-abuan. Cirinya sangat kentara dari bentuk yang memanjang dan warna yang bergaris-garis terang gelap mirip zebra. Saya biasanya memasak ikan seperti ini dengan cara deep fried (goreng kering).

8. Ikan Kembung (Gembung)

Ikan gembung (atau beberapa orang menyebutnya kembung) adalah salah satu ikan dengan nutrisi omega 3 terbaik yang dijual oleh nelayan di pantai depok. Dan ikan ini adalah ikan favorit Figi. 

Harganya memang lebih mahal dibanding yang lain. Biasanya nelayan menjual mulai dari Rp. 35.000,- sampai Rp. 50.000,- tergantung tangkapan mereka.

ikan pantai selatan jawa ikan kembung

9. Jenis Ikan di Pantai Depok : Ikan Layur

Tau ikan yang ukurannya panjang yang sering dijual dalam bentuk kering dan asin? Yak, ini dia ikan layur. Ikan layur ini pun merupakan salah satu jenis ikan di pantai depok yang banyak dijual oleh nelayan. 

Figi pernah beli dan memasaknya dengan sambal hijau. Rasanya sih lumayan enak.  

ikan layur

10. Ikan Tuna

Hmm, Figi belum pernah membeli hasil tangkapan ikan tuna di pantai selatan jawa ini. Tapi kata nelayannya, memang saat itu tidak sedang musim tuna. 

Harganya sendiri lumayan, setengah kilogram Rp. 25.000,-. Ikan ini sangat berdaging dan aroma amisnya tidak begitu kuat. Cocok dipepes, di-steam, ataupun digoreng.  

11. Ikan Cakalang

Meski di pasar ikan (yang supply dari Semarang / pantai utara Jawa) ikan cakalang banyak, tapi bila Mama dan Papa membeli ke nelayan pantai depok langsung, biasanya cakalang tidak selalu ada. 

Figi pernah bertanya dan katanya, jenis ikan yang mereka tangkap itu musiman. Cakalang sendiri sewaktu Figi membeli di pantai tersebut seringkali tidak ada.

Jenis Ikan di Pantai Depok pantai selatan yogya jawa

Nah, kiranya itulah beberapa jenis ikan di Pantai Depok yang dijual nelayan sekaligus tips memasaknya. Semoga bermanfaat dan selalu tunggu resep masak ikan di Figblog.info!

Previous Post
Next Post

0 Comments: